Jumat, 21 September 2018

TUGAS IMK 1 FASILKOM UNSIKA - User interface yang menyebalkan




Dwi Septa Kariza (1710631170086)

kelas 3 F


Pentingnya pemahaman mengenai interface kini menjadi tolak ukur yang patut untuk di perhitungkan


 User interface yaitu memiliki fungsi sebagai mediator antara user dengan computer, memberi kemudahan user dalam mengoperasikan komputer menjadi lebih mudah.


Pada kesempatan ini saya akan menganalisa suatu interface web pendaftaran kursus mengemudi mobil yang menurut saya buruk atau bisa dibilang menyebalkan


5


 berikut analisisnya :


1. 
Background yang digunakan gambar awan yang diulang-
    ulang terus menerus, yang dimana menurut saya itu terlalu ramai 
    untuk ukuran website kursus mengemudi dan sangat jelas itu  
    tidak ada hubungannya sama sekali dengan kursus mengemudi.



2. 
Halaman home nya terlalu panjang dan penuh dengan informasi 
    yang tidak ditata dengan rapih 


3. 
Penggunaan huruf pada setiap baris dengan memasukan 
    bermacam-macam warna dan penggunaan garis bawah (under 
    line) yang terlalu banyak menurut saya kurang 
    bermakna dan menganggu pengguna ketika membacanya.



4. Bagi situs kursus mengemudi seperti ini informasi yang 

    ditampilkan terlalu sedikit dan seharusnya lebih diperbanyak.


5. 
Dari  tata letak banyak huruf maupun 
    gambar yang kurang rapi bisa dilihat dari segi ukurannya.


6. 
Minimnya (Kurangnya) toolbar dan tombol navigasi yang 
    dibutuhkan pengguna untuk memudahkan dalam mengakses 
    fitur-fitur dari web.

Berikut saya lampirkan screenshoot lanjutan dari halaman webnya :






2



1





Bagaimana? Cukup menyebalkan bukan?


oh,ya selain itu saya juga punya satu contoh interface lagi yang bisa dibilang lebih menyebalkan dibandingkan dengan contoh yang diatas jika anda seorang Gamer seperti saya

contoh interface yang saya bahas ini adalah interface dari game yang pernah saya mainkan yaitu game WoW (World of Warcraft) ketika saya pertama main game ini kesan pertama saya pada interface nya yaitu: Ramai,Berantakan,dan tidak ada fitur untuk menghide layout mengapa saya bilang demikian?

ok mungkin untuk lebih jelasnya lagi silahkan lihat screenshoot yang sudah saya simpan sebelumnya







Bagaimana?? Layout nya terlalu Ramai bukan?? ya layout yang ramai seperti inilah yang membuat user merasa terganggu dan tidak nyaman, karna banyak sekali user yang menginginkan interface yang membuatnya nyaman dan tentunya menghibur tidak sedikit dari mereka(user) yang meninggalkan game yang interfacenya menyebalkan dan mereka pun mencari game dengan interface yang lebih nyaman


Semoga dengan adanya post ini bisa bermanfaat untuk semuanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas IMK FAsilkom 3

Assalammualaikum wr.wb Halo teman-teman semua.... kali ini saya akan memposting tugas dari mata kuliah: Interaksi Manusia dan komputer...